Kamis, 19 Februari 2015

TERASINGNYA SUNNAH DAN PENGIKUTNYA

▶๐Ÿ’ฅ๐Ÿ“‘✋ TERASINGNYA SUNNAH DAN PENGIKUTNYA

ูƒุซูŠุฑุง ู…ู† ุงู„ู†ุงุณ ูŠุชุถุงูŠู‚ูˆู† ู…ู† ุจุนุถ ุฏุนุงุช ุงู„ุณู†ู‡

๐Ÿ‘‹BANYAK DARI KALANGAN MANUSIA YANG MERASA SEMPIT DADANYA DENGAN DAKWAH SEBAGIAN DAI-DAI SUNNAH

๐Ÿ“ู…ู† ู…ุญุงุถุฑู‡ ุบุฑุจุฉ ุงู„ุณู†ู‡ ูˆุงู‡ู„ู‡ุง ู„ู„ุดูŠุฎ ู…ุญู…ุฏ ุจู† ู‡ุงุฏูŠ ุงู„ู…ุฏุฎู„ูŠ ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡

๐Ÿ‘‰Diambil dari Muhadharah dengan judul:  “TERASINGNYA SUNNAH DAN PENGIKUTNYA”

๐Ÿ“œOleh : Asy-Syaikh Muhammad bin Hadi al-Madkhali

ูˆู„ุง ูŠุณุชุบุฑุจ، ูููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ุฒู…ู† ู„ุง ูŠุณุชุบุฑุจ ุดูŠุก، ูˆุฃู†ุช ุชุฑู‰ ูŠุนู†ูŠ: ูƒุซูŠุฑًุง ู…ู† ุงู„ู†ุงุณ ูŠุชุถุงูŠู‚ูˆู† ู…ู† ุจุนุถ ุฏุนุงุฉ ุงู„ุณู†ุฉ، ูุชุงุฑุฉ ูŠุตููˆู†ู‡ ุจุงู„ْู…ُู†َูِّุฑ ู„ูƒุซุฑุฉ ุฏุนูˆุชู‡ ุฅู„ู‰ ุงู„ุณู†ุฉ ูˆุงู„ุฃุฎุฐ ุจู‡ุง، ูˆู„ูƒุซุฑุฉ ุจุบุถู‡ ู„ู„ุจุฏุน ูˆุงู„ุชุญุฐูŠุฑ ู…ู†ู‡ุง، ู†ุนู…، ูุฅู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุฅุฐุง ุจู„ุบ ุฅู„ู‰ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฏุฑุฌุฉ ูุฅู†ู‡ ูŠุฌุฏ ุฃุณู‰ً ููŠ ู†ูุณู‡، ูˆูŠุฌุฏ ูƒู…ุฏًุง ููŠ ู†ูุณู‡ ูˆุฑุจู…ุง ุชุถูŠู‚ ุจู‡ ุงู„ุฏู†ูŠุง، ูˆู„ูƒู† ูŠุณู„ูŠู‡ ู…ุง ูŠู‚ุฑุฃู‡ ููŠ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู†ุตูˆุต ุงู„ุชูŠ ุฌุงุกุช ุนู† ุงู„ู„ู‡ ูˆุนู† ุฑุณูˆู„ู‡-ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…-.

Tidaklah asing, pada zaman ini tidaklah hal ini menjadi sesuatu yang asing lagi.

✊Bahkan engkau melihat, yaitu kebanyakan manusia merasa sempit dengan sebagian dai-dai sunnah.

๐Ÿ‘ŠTerkadang mereka mensifati dai tersebut dengan sebutan munaffir (orang yang membuat lari dari dakwah -pent), karena ia banyak mengajak pada sunnah dan mengambil darinya.

▶Juga karena kebenciannya terhadap bid’ah dan memperingatkan darinya. Iya, karena jika seseorang telah berdakwah sampai pada tingkatan ini (mengajak kepada sunnah dan memperingatkan dari bid’ah -pent), maka ia akan mendapati kesedihan yang menimpa dirinya, ia juga akan mendapatkan rasa sakit yang mendalam pada jiwanya, bahkan terkadang dunia ini terasa sempit baginya.

๐Ÿ’ฅAkan tetapi hendaklah ia berusaha menghibur dirinya dengan apa yang ia baca dari nash-nash yang bersumber dari Allah dan Rasul-Nya shalallahu ‘alaihi wa sallam.

ููŠู†ุจุบูŠ ู„ู„ุนุจุฏ ุฃู† ู„ุง ูŠูŠุฃุณ، ู„ุฃู† ุงู„ู†ุงุณ ู„ุง ูŠู…ูƒู† ุฃู† ูŠู…ุดูˆุง ู…ุนูƒ ุนู„ู‰ ุทุฑูŠู‚ุฉ ูˆุงุญุฏุฉ، ูˆู„ุง ูŠู…ูƒู† ุฃู† ูŠูˆุงูู‚ูˆูƒ ููŠ ูƒู„ ู…ุง ุชู‚ูˆู„، ูุฃู†ุช ุนู„ูŠูƒ ุฃู† ุชุทู„ุจ ุฑุถุง ุงู„ู„ู‡-ุชุจุงุฑูƒ ูˆุชุนุงู„ู‰-، ูˆุนู„ูŠูƒ ุจุฃู† ุชู†ุธุฑ ู…ุง ูƒุงู† ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ู ุงู„ุตุงู„ุญ-ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡ู…-، ูุฅู†ู‡ู… ู‡ู… ุงู„ุฃุณูˆุฉ ุจุนุฏ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡-ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…-ูˆุฃุตุญุงุจู‡ ูˆุจู‡ู… ุงู„ู‚ุฏูˆุฉ، (ุฃُูˆْู„َู€ุฆِูƒَ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู‡َุฏَู‰ ุงู„ู„ّู‡ُ ูَุจِู‡ُุฏَุงู‡ُู…ُ ุงู‚ْุชَุฏِู‡ْ)(ุงู„ุฃู†ุนุงู…/90).

✅Semestinya bagi seorang hamba untuk tidak putus asa. Karena tidaklah mungkin seluruh manusia dapat berjalan bersamamu pada satu jalan yang sama.

๐Ÿ’ฌTidak mungkin pula mereka akan mencocoki semua yang engkau katakan. Maka yang wajib atasmu adalah untuk mencari ridha Allah -Tabaraka wa ta’ala- dan juga wajib atasmu agar melihat kepada pengalaman para Salafush Shalih – radhiyallahu ‘anhum- yang mereka berada di atasnya.

✋Karena mereka adalah suri tauladan setelah Rasulullah -shalallahu ‘alaihi wa sallam- dan para sahabatnya, dan pada merekalah terdapat contoh yang baik.

Allah berfirman :

(ุฃُูˆْู„َู€ุฆِูƒَ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู‡َุฏَู‰ ุงู„ู„ّู‡ُ ูَุจِู‡ُุฏَุงู‡ُู…ُ ุงู‚ْุชَุฏِู‡ْ)(ุงู„ุฃู†ุนุงู…/90)

“Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk mereka.” (al-An’am : 90)

ููŠุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุฃู† ู„ุง ูŠูŠุฃุณ، ูˆู„ูŠุนู„ู… ุฃู† ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆุฅู† ุงุจุชู„ูŠ ููŠู‡ุง ูู‡ูŠ ู…ุญู„ ุนุจูˆุฑ ูˆู„ูŠุณุช ู…ุญู„ ู‚ุฑุงุฑ، ูˆุฃู† ุฏุงุฑ ุงู„ู‚ุฑุงุฑ ุนู†ุฏ ุงู„ู„ู‡ ู‡ูŠ ุงู„ุฏุงุฑ ุงู„ุขุฎุฑุฉ، ูุฅู…ุง ุฌู†ุฉ ุนุฏู†-ู†ุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ู…ู† ูุถู„ู‡-، ูˆุฅู…ุง ู†ุงุฑ ุชَู„َุธَّู‰-ู†ุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุนุงููŠุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู…ุฉ-.

๐Ÿ‘Maka wajib atas setiap orang untuk tidak berputus asa. Ketahuilah, sesungguhnya dunia ini, jika engkau diberi ujian di dalamnya, maka dunia ini akan berlalu dan tidak akan kekal.

▶๐Ÿ’ปBaca selengkapnya di: http://forumsalafy.net/?p=9889

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

Tidak ada komentar:

Posting Komentar