Selasa, 24 Februari 2015

HUKUM DUDUK BERMAJLIS DENGAN ORANG YANG MENGOLOK OLOK ORANG YANG MEMELIHARA SHOLAT

📖❓🔅❎
🚧 Hukum Duduk Bermajlis Dengan Orang Yang Mengolok Olok Orang Yang Memelihara Sholat.

🔸🔸🔹🔹

ﺣﻜﻢ ﻣﺠﺎﻟﺴﺔ ﻣﻦ ﻳﺴﺘﻬﺰﺉ ﺑﺎﻟﻤﺤﺎﻓﻈﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﻼﺓ

السؤال :

ﺃﺭﻯ ﻛﺜﻴﺮﺍً ﻣﻦ ﺍﻟﺸﺒﺎﺏ ﺇﺫﺍ ﺭﺃﻭﺍ ﺍﻟﺸﺎﺏ ﺍﻟﻤﺤﺎﻓﻆ ﻋﻠﻰ ﺻﻼﺗﻪ ﻭﺩﻳﻨﻪ ﻳﺴﺘﻬﺰﺋﻮﻥ ﺑﻪ، ﻭﺃﺭﻯ ﻛﺬﻟﻚ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺸﺒﺎﺏ - ﻫﺪﺍﻫﻢ ﺍﻟﻠﻪ - ﻳﺘﻜﻠﻤﻮﻥ ﻋﻦ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺑﺎﺳﺘﻬﺘﺎﺭ ﻭﻋﺪﻡ ﻣﺒﺎﻻﺓ، ﻓﻤﺎ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ؟ ﻭﻫﻞ ﺗﺠﻮﺯ ﻣﺠﺎﻟﺴﺘﻬﻢ ﻭﺍﻟﻤﺮﺡ ﻣﻌﻬﻢ ﻓﻲ ﺃﻭﻗﺎﺕ ﻟﻴﺲ ﻓﻴﻬﺎ ﻭﻗﺖ ﺻﻼﺓ؟

الجواب :

ﺍﻻﺳﺘﻬﺰﺍﺀ ﺑﺎﻹﺳﻼﻡ ﺃﻭ ﺑﺸﻲﺀ ﻣﻨﻪ ﻛﻔﺮ ﺃﻛﺒﺮ، ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ:

ﻗُﻞْ ﺃَﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺁﻳَﺎﺗِﻪِ ﻭَﺭَﺳُﻮﻟِﻪِ ﻛُﻨْﺘُﻢْ ﺗَﺴْﺘَﻬْﺰِﺋُﻮﻥَ ﻻ ﺗَﻌْﺘَﺬِﺭُﻭﺍ ﻗَﺪْ ﻛَﻔَﺮْﺗُﻢْ ﺑَﻌْﺪَ ﺇِﻳﻤَﺎﻧِﻜُﻢْ [1] ﺍﻵﻳﺔ ﻣﻦ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺘﻮﺑﺔ .

ﻭﻣﻦ ﻳﺴﺘﻬﺰﺉ ﺑﺄﻫﻞ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﺍﻟﻤﺤﺎﻓﻈﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﻠﻮﺍﺕ ﻣﻦ ﺃﺟﻞ ﺩﻳﻨﻬﻢ ﻭﻣﺤﺎﻓﻈﺘﻬﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﻳﻌﺘﺒﺮ ﻣﺴﺘﻬﺰﺋﺎً ﺑﺎﻟﺪﻳﻦ، ﻓﻼ ﺗﺠﻮﺯ ﻣﺠﺎﻟﺴﺘﻪ ﻭﻻ ﻣﺼﺎﺣﺒﺘﻪ، ﺑﻞ ﻳﺠﺐ ﺍﻹﻧﻜﺎﺭ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺍﻟﺘﺤﺬﻳﺮ ﻣﻨﻪ ﻭﻣﻦ ﺻﺤﺒﺘﻪ . ﻭﻫﻜﺬﺍ ﻣﻦ ﻳﺨﻮﺽ ﻓﻲ ﻣﺴﺎﺋﻞ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺑﺎﻟﺴﺨﺮﻳﺔ ﻭﺍﻻﺳﺘﻬﺰﺍﺀ ﻳﻌﺘﺒﺮ ﻛﺎﻓﺮﺍً، ﻓﻼ ﺗﺠﻮﺯ ﺻﺤﺒﺘﻪ ﻭﻻ ﻣﺠﺎﻟﺴﺘﻪ، ﺑﻞ ﻳﺠﺐ ﺍﻹﻧﻜﺎﺭ ﻋﻠﻴﻪ، ﻭﺍﻟﺘﺤﺬﻳﺮ ﻣﻨﻪ، ﻭﺣﺜﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﻮﺑﺔ ﺍﻟﻨﺼﻮﺡ، ﻓﺈﻥ ﺗﺎﺏ ﻓﺎﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ، ﻭﺇﻻ ﻭﺟﺐ ﺍﻟﺮﻓﻊ ﻋﻨﻪ ﺇﻟﻰ ﻭﻻﺓ ﺍﻷﻣﻮﺭ ﺑﻌﺪ ﺇﺛﺒﺎﺕ ﺃﻋﻤﺎﻟﻪ ﺍﻟﺴﻴﺌﺔ ﺑﺎﻟﺸﻬﻮﺩ ﺍﻟﻌﺪﻭﻝ؛ ﺣﺘﻰ ﻳﻨﻔﺬ ﻓﻴﻪ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻤﺤﺎﻛﻢ ﺍﻟﺸﺮﻋﻴﺔ.

ﻭﺑﻜﻞ ﺣﺎﻝ ﻓﻬﺬﻩ ﺍﻟﻤﺴﺎﺋﻞ ﻣﺴﺎﺋﻞ ﺧﻄﻴﺮﺓ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻃﺎﻟﺐ ﻋﻠﻢ ﻭﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﺴﻠﻢ ﻋﺮﻑ ﺩﻳﻨﻪ ﺃﻥ ﻳﺤﺬﺭﻫﺎ، ﻭﺃﻥ ﻳﺤﺬﺭ ﻣﻦ ﻳﺨﻮﺽ ﻓﻲ ﻣﺴﺎﺋﻞ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺑﺎﻟﺴﺨﺮﻳﺔ ﻭﺍﻟﻠﻌﺐ؛ ﻟﺌﻼ ﻳﺼﻴﺒﻪ ﻣﺎ ﺃﺻﺎﺑﻪ ﻣﻦ ﻓﺴﺎﺩ ﺍﻟﻌﻘﻴﺪﺓ ﻭﺍﻟﺴﺨﺮﻳﺔ ﺑﺎﻟﺤﻖ ﻭﺃﻫﻠﻪ.

ﻧﺴﺄﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻠﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﺟﻤﻴﻌﺎً ﺍﻟﻌﺎﻓﻴﺔ ﻣﻦ ﻛﻞ ﻣﺎ ﻳﺨﺎﻟﻒ ﺷﺮﻋﻪ، ﻛﻤﺎ ﻧﺴﺄﻟﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﺃﻥ ﻳﻌﺎﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﺟﻤﻴﻌﺎً ﻣﻦ ﺷﺮ ﺃﻋﺪﺍﺋﻬﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﻜﻔﺮﺓ ﻭﺍﻟﻤﻨﺎﻓﻘﻴﻦ، ﻭﺃﻥ ﻳﻌﻴﻨﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﻤﺴﻚ ﺑﻜﺘﺎﺑﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ، ﻭﺳﻨﺔ ﻧﺒﻴﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻲ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻷﺣﻮﺍﻝ، ﺇﻧﻪ ﺟﻮﺍﺩ ﻛﺮﻳﻢ.

[1] ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺘﻮﺑﺔ ﺍﻵﻳﺘﺎﻥ 65 – .66

ﻧﺸﺮﺕ ﻓﻲ ﻣﺠﻠﺔ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺪﺩ ‏( 1354‏) ﺑﺘﺎﺭﻳﺦ 22/2/1413ﻫـ - ﻣﺠﻤﻮﻉ ﻓﺘﺎﻭﻯ ﻭﻣﻘﺎﻻﺕ ﻣﺘﻨﻮﻋﺔ ﺍﻟﻤﺠﻠﺪ ﺍﻟﻌﺎﺷﺮ


📈📌 http://www.binbaz.org.sa/mat/2376
――――――――――――
▶ Pertanyaan:

❓Saya melihat banyak pemuda jika melihat sekelompok pemuda yang memelihara shalatnya dan agamanya, mereka mengolok-oloknya. Mereka berkata-kata tentang agama secara sembrono tanpa peduli. Bagaimana pendapat anda tentang hal ini? Bolehkah kami duduk-duduk bermajelis dengan mereka? dan juga bergembira bersama di luar waktu shalat?

➡ Jawaban:

✅🔹Mengolok-olok (istihzaa’) terhadap Islam dan hal-hal yang terkait dengannya merupakan kufur akbar, Allah ta'ala berfirman:

ﻗُﻞْ ﺃَﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺁﻳَﺎﺗِﻪِ ﻭَﺭَﺳُﻮﻟِﻪِ ﻛُﻨْﺘُﻢْ ﺗَﺴْﺘَﻬْﺰِﺋُﻮﻥَ ﻻ ﺗَﻌْﺘَﺬِﺭُﻭﺍ ﻗَﺪْ ﻛَﻔَﺮْﺗُﻢْ ﺑَﻌْﺪَ ﺇِﻳﻤَﺎﻧِﻜُﻢْ

🔸"Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?". Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman. (Hingga akhir ayat dari surah At Taubah) (1)

💥 Dan barangsiapa mengolok-olok ahlud din (orang-orang yang beriman) dan senantiasa menjaga shalatnya dikarenakan faktor agamanya dan
penjagaannya terhadap shalat tersebut, maka itu diperhitungkan mengolok-olok agama. Maka, tidak boleh duduk-duduk bermajelis dengan mereka dan bershahabat dengan mereka. Bahkan wajib untuk mengingkarinya dan memperingatkannya dan orang-orang yang bershahabat dengannya. Begitu juga dengan orang yang berbicara tentang permasalahan agama dengan sikap sukhriyyah (menghina) dan istihzaa’(mengolok olok/mengejek), dianggap kafir. Tidak boleh bershahabat dan duduk-duduk bermajelis dengannya. Bahkan, wajib untuk mengingkarinya dan
memperingatkannya.
Menganjurkannya untuk bertaubat dengan sebenar-benarnya dari perbuatan yang dilakukannya itu. Jika dia bertaubat Alhamdulillah, dan jika tidak bertaubat, dia diajukan kepada wulatul umur (pemerintah), setelah terbukti perbuatan jeleknya itu dengan persaksian saksi-saksi yang adil agar hukum Allah dapat
dilaksanakan oleh pengadilan syari’at.

⚠ Dan apapun keadaannya maka masalah ini adalah masalah yang serius (sangat besar dan berbahaya), yang wajib bagi setiap penuntut ilmu dan atas setiap muslim untuk mengetahui agamanya, agar berhati-hati dari hal ini dan agar dapat mengingatkan orang tentang masalah menghina dan bermain main (mengolok-olok dan melecehkan) agama. Supaya dia tidak ditimpa apa yang menimpa orang yang rusak aqidah dan menghina kebenaran serta para pelakunya.

🔖🍃 Kami memohon kepada Allah untuk seluruh kaum muslimin keselamatan dari setiap apa yang menyelisihi syari'at Nya sebagaimana kami memohon kepada Nya subhanahu agar menyelamatkan seluruh kaum muslimin dari kejahatan musuh musuh mereka dari kaum kafir dan munafik dan agar membantu mereka dalam berpegang teguh dengan Kitab Nya subhanahu dan Sunnah Nabi Nya shallallahu 'alaihi wasallam dalam semua keadaan, sesungguhnya Dia Maha Dermawan dan Mulia.

🔅(1) Surah At Taubah ayat 65-66

📗📄Telah diterbitkan dalam Majalah Ad Da'wah pada edisi 1354 tertanggal 22/2/1413 h. Majmu' Fatawa wa Maqalat Matnu'ah jilid 10
――――― 🔹🔹🔸🔸
✒ Admin

💻 Untuk fawaid lainnya bisa kunjungi website kami:

🌐 🌐 www.ittibaus-sunnah.net
➖➖➖➖➖➖➖➖
أصحاب السنة
📕👍📗👍📘
🌠 Ashhabus Sunnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar