Selasa, 17 Februari 2015

TAUBAT BAGI SI PENCURI

๐Ÿ’จ๐ŸŒณ๐ŸŽ’
--------------
๐Ÿ”—TAUBAT BAGI SI PENCURI

๐Ÿ’บ Oleh: Asy-Syaikh Al-'Allamah Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡


                                    ✹✹✹

[❓] Pertanyaan :

Syaikh yang mulia, ada seseorang yang sebelumnya ia sering kali melakukan tindak pencurian, dan ketika ingin bertaubat ia tidak tahu cara untuk bisa melakukan taubatnya, maka apa yang semestinya ia lakukan sampai ia bisa bertaubat?
Perlu diketahui bahwa orang-orang yang pernah ia curi mereka sudah tidak kembali lagi keberadaannya.

๐Ÿ”Jawaban :


ุงู„ุชุงุฆุจ ู…ู† ุงู„ุณุฑู‚ุฉ ู„ุง ุชุชู… ุชูˆุจุชู‡ ุญุชู‰ ูŠูˆุตู„ ุงู„ู…ุงู„ ุฅู„ู‰ ู…ู† ุณุฑู‚ ู…ู†ู‡

Seseorang yang hendak bertaubat dari perbuatan mencuri, tidaklah sempurna taubatnya sampai ia mengembalikan harta yang dicurinya kepada orang yang pernah ia curi.

๐Ÿ‘‰Akan tetapi apabila kita mengatakan Anda harus mengembalikan harta tersebut kepada orang yang pernah anda curi, terkadang akan muncul masalah lain, apa masalahnya?

๐ŸšฉMasalahnya adalah apa yang (nanti) akan mereka klaim kepadamu, dan apabila ada yang mengatakan : Sesungguhnya ia mencuri hanya seribu, mereka mengatakan: Tidak, anda telah mencuri dua ribu , maka ini masalah , Lalu apa solusinya?

❗Jalan keluarnya adalah melalui (perantara) salah seorang dari teman si pemilik harta yang dicuri dan mendatanginya lalu menceritakan duduk perkaranya kemudian teman si pemilik harta itulah yang memberikan kepadanya harta tersebut dan mengatakan:

"ini dari seseorang yang telah bertaubat kepada Allah, dan diantara perwujudan taubatnya adalah dengan mengembalikan harta yang (dulu) pernah ia curi  kepadamu.."

Apabila (teman pemilik harta tersebut) mengatakan: aku tidak tahu orang itu, atau dahulu aku pernah tahu tapi kini ia sudah pergi ke negerinya dan aku tidak tahu lagi dimana ia.

☝Maka kita mengatakan :
Wajib Atas anda untuk BERSEDEKAH dengan kadar sejumlah yang pernah anda curi, murni dari tindakan pencurian tersebut dan bukan dalam rangka mendekatkan diri dengan sedekah tersebut kepada Allah.

Maka demikianlah kaedahnya wahai saudara-saudaraku.
❗Kaedahnya adalah: pada setiap harta yang tidak diketahui pemiliknya maka hendaknya anda MENYEDEKAHKANNYA MURNI DARI PEMILIKNYA.


________________________
๐Ÿ“ฎุชูˆุจุฉ ุงู„ุณุงุฑู‚

[ ุงู„ุณุคุงู„ ] ูุถูŠู„ุฉ ุงู„ุดูŠุฎ، ุดุฎุต ู„ู‡ ุนุฏุฉ ุณูˆุงุจู‚ ููŠ ุงู„ุณุฑู‚ุฉ، ูˆุนู†ุฏู…ุง ุฃุฑุงุฏ ุงู„ุชูˆุจุฉ ุนู† ุฐู„ูƒ ู„ู… ูŠุนุฑู ุงู„ูˆุณูŠู„ุฉ ุฅู„ู‰ ุฐู„ูƒ، ูู…ุงุฐุง ูŠูุนู„ ุญุชู‰ ูŠุชูˆุจ، ู…ุน ุงู„ุนู„ู… ุฃู† ุงู„ุฃุดุฎุงุต ุงู„ุฐูŠู† ุณุฑู‚ ู…ู†ู‡ู… ู„ู… ูŠุนูˆุฏูˆุง ู…ูˆุฌูˆุฏูŠู†؟

๐Ÿ”ุงู„ุฌูˆุงุจ:

ุงู„ุชุงุฆุจ ู…ู† ุงู„ุณุฑู‚ุฉ ู„ุง ุชุชู… ุชูˆุจุชู‡ ุญุชู‰ ูŠูˆุตู„ ุงู„ู…ุงู„ ุฅู„ู‰ ู…ู† ุณุฑู‚ ู…ู†ู‡، ูˆู„ูƒู† ุฅุฐุง ู‚ู„ู†ุง: ู„ุง ุจุฏ ุฃู† ุชูˆุตู„ ุงู„ู…ุงู„ ุฅู„ู‰ ู…ู† ุณุฑู‚ุชู‡ ู…ู†ู‡ ู‚ุฏ ูŠูƒูˆู† ููŠู‡ ุฅุดูƒุงู„، ู…ุง ู‡ูˆ ุงู„ุฅุดูƒุงู„؟

ุงู„ุฅุดูƒุงู„ ุฃู† ูŠู‚ุจุถูˆุง ุนู„ูŠูƒ، ูˆุฅุฐุง ู‚ุงู„: ุฅู†ู‡ ุณุฑู‚ ุฃู„ูุงً ู‚ุงู„ูˆุง: ู„ุง، ุฃู†ุช ุณุฑู‚ุช ุฃู„ููŠู†، ูˆู‡ุฐู‡ ู…ุดูƒู„ุฉ، ูู…ุง ู‡ูŠ ุงู„ุทุฑูŠู‚؟

ุงู„ุทุฑูŠู‚ ุฃู† ูŠู†ุธุฑ ุฅู„ู‰ ุฃุญุฏ ู…ู† ุฃุตุญุงุจ ุงู„ุฑุฌู„ ุตุงุญุจ ุงู„ู…ุงู„ ูˆูŠุฐู‡ุจ ุฅู„ูŠู‡ ูˆูŠุฎุจุฑู‡ ุจุงู„ุฎุจุฑ، ูˆุตุฏูŠู‚ ุตุงุญุจ ุงู„ู…ุงู„ ูŠุนุทูŠู‡ ูˆูŠู‚ูˆู„: ู‡ุฐุง ู…ู† ุฑุฌู„ ุชุงุจ ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ูˆู…ู† ุชุญู‚ูŠู‚ ุงู„ุชูˆุจุฉ ุฃู† ูŠุฑุฏ ุงู„ู…ุงู„ ุฅู„ูŠูƒ.

๐Ÿšฉูุฅุฐุง ู‚ุงู„: ู„ู… ุฃุนุฑู ุงู„ุฑุฌู„، ุฃูˆ ูƒู†ุช ุฃุนุฑูู‡ ูˆู„ูƒู† ุณุงูุฑ ุฅู„ู‰ ุจู„ุฏู‡ ูˆู„ุง ุฃุฏุฑูŠ ุฃูŠู† ู‡ูˆ. ู†ู‚ูˆู„: ุนู„ูŠูƒ ุฃู† ุชุชุตุฏู‚ ุจู‚ุฏุฑ ู…ุง ุณุฑู‚ุช ุชุฎู„ุตุงً ู…ู† ุงู„ุณุฑู‚ุฉ ู„ุง ุชู‚ุฑุจุงً ุจุฐู„ูƒ ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡، ูˆู‡ูƒุฐุง ุงู„ู‚ุงุนุฏุฉ ูŠุง ุฅุฎูˆุงู†ูŠ، ุงู„ู‚ุงุนุฏุฉ: ููŠ ูƒู„ ู…ุงู„ ุฌู‡ู„ ู…ุงู„ูƒู‡ ุฃู† ุชุชุตุฏู‚ ุจู‡ ุชุฎู„ุตุงً ู…ู†ู‡.

๐Ÿ“‘ุงู„ู…ุตุฏุฑ: ุณู„ุณู„ุฉ ุงู„ู„ู‚ุงุก ุงู„ุดู‡ุฑูŠ > ุงู„ู„ู‚ุงุก ุงู„ุดู‡ุฑูŠ [58]


ุฑุงุจุท ุงู„ู…ู‚ุทุน ุงู„ุตูˆุชูŠ
๐Ÿ”ŠUnduh audio (durasi 01:52 ) :
http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/mm_058_19.mp3
✒Alih Bahasa: Ayyub Abu 'Alifah Balikpapan ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ [FBF 4]


                                      ✲✲✲

__________________
 ู…ุฌู…ูˆุนู€ู€ู€ู€ู€ุฉ ุชูˆุฒูŠุน ุงู„ูู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ูˆุงุฆุฏ
๐ŸšฉTambahan Faidah:

Makna ุชุฎู„ุตุง ู…ู†ู‡  dalam artikel terakhir lebih tepat diterjemahkan dengan "berlepas/ bebas (tanggungan) darinya (harta yg tidak diketahui pemiliknya)...ูˆ ุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู…

Al-Ustadz Abu Yahya hafidzahullah.


๐Ÿ“ŒWA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar