Rabu, 25 Februari 2015

TENTANG HADITS

🌱🌱🍁🍁🍁🌱🌱

📄TENTANG HADITS📄
🔅 🔅 🔅

🌴 🗻 ﻳَﺄْﺗِﻲ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺯَﻣَﺎﻥٌ ﺍﻟﻘَﺎﺑِﺾُ ﻋَﻠَﻰ ﺩِﻳْﻨِﻪِ ﻛَﺎﻟْﻘَﺎﺑِﺾِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺠَﻤْﺮ
ِ
― ― ― ― 💎 💎 💎

ﻳﻘـﻮﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻋﺒﺪﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺑﻦ ﻧﺎﺻﺮ ﺍﻟﺴﻌﺪﻱ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻌﻠﻘﺎً ﻭﺷﺎﺭﺣﺎً ﺣﺪﻳﺚ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ:

"ﻳﺄﺗﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺯﻣﺎﻥٌ؛ ﺍﻟﻘﺎﺑﺾ ﻋﻠﻰ ﺩﻳﻨﻪ ﻛﺎﻟﻘﺎﺑﺾ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺠﻤﺮ".

ﻳﻘــﻮﻝ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ :

ﻭﻣﺎ ﺃﺷﺒﻪ ﺯﻣﺎﻧﻨﺎ ﻫﺬﺍ ﺑﻬﺬﺍ ﺍﻟﻮﺻﻒ ﺍﻟﺬﻱ ﺫﻛﺮﻩ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ.

ﻓﺈﻧﻪ ﻣﺎ ﺑﻘﻲ ﻣﻦ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﺇﻻ ﺍﺳﻤﻪ, ﻭﻻ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺇﻻ ﺭﺳﻤﻪ، ﺇﻳﻤﺎﻥٌ ﺿﻌﻴﻒ، ﻭﻗﻠﻮﺏٌ ﻣﺘﻔﺮّﻗﺔ، ﻭﺣﻜﻮﻣﺎﺕٌ ﻣﺘﺸﺘﺘﺔ، ﻭﻋﺪﺍﻭﺍﺕ ﻭﺑﻐﻀﺎﺀ ﺑﺎﻋﺪﺕ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ.

ﻭﺃﻋﺪﺍﺀٌ ﻇﺎﻫﺮﻭﻥ ﻭﺑﺎﻃﻨﻮﻥ، ﻳﻌﻤﻠﻮﻥ ﺳﺮّﺍً ﻟﻠﻘﻀﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺪﻳﻦ، ﻭﺇﻟﺤﺎﺩ ﻭﻣﺎﺩﻳّﺎﺕ، ﺟﺮﻓﺖ ﺑﺨﺒﻴﺚ ﺗﻴّﺎﺭﻫﺎ ﻭﺃﻣﻮﺍﺟﻬﺎ ﺍﻟﻤﺘﻼﻃﻤﺔ ﺍﻟﺸﻴﻮﺥ ﻭﺍﻟﺸﺒّﺎﻥ، ﻭﺩﻋﺎﻳﺎﺕ ﺇﻟﻰ ﻓﺴﺎﺩ ﺍﻷﺧﻼﻕ ﻭﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﺑﻘﻴّﺔ ﺍﻟﺮَّﻣَﻖ.

ﺛﻢ ﺇﻗﺒﺎﻝُ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻠﻰ ﺯﺧﺎﺭﻑ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ؛ ﺑﺤﻴﺚ ﺃﺻﺒﺤﺖ ﻫﻲ ﻣﺒﻠﻎ ﻋﻠﻤﻬﻢ ﻭﺃﻛﺒﺮ ﻫﻤﻬﻢ، ﻭﻟﻬﺎ ﻳﺮﺿﻮﻥ ﻭﻳﻐﻀﺒﻮﻥ.

ﻭﺩﻋﺎﻳﺔ ﺧﺒﻴﺜﺔ ﻟﻠﺘﺰﻫﻴﺪ ﻓﻲ ﺍﻵﺧﺮﺓ، ﻭﺍﻹﻗﺒﺎﻝ ﺑﺎﻟﻜﻠﻴّﺔ ﻋﻠﻰ ﺗﻌﻤﻴﺮ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ، ﻭﺗﺪﻣﻴﺮ ﺍﻟﺪﻳﻦ، ﻭﺍﺣﺘﻘﺎﺭﻩ ﻭﺍﻻﺳﺘﻬﺰﺍﺀ ﺑﺄﻫﻠﻪ، ﻭﺑﻜﻞ ﻣﺎ ﻳُﻨﺴﺐ ﺇﻟﻴﻪ، ﻭﻓﺨﺮٌ ﻭﻓﺨﻔﺨﺔ.

ﻭﺍﺳﺘﻜﺒﺎﺭ ﺑﺎﻟﻤﺪﻧﻴﺎﺕ ﺍﻟﻤﺒﻨﻴﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻹﻟﺤﺎﺩ ﺍﻟﺘﻲ ﺁﺛﺎﺭﻫﺎ ﻭﺷﺮﻭﺭﻫﺎ ﻗﺪ ﺷﺎﻫﺪﻩ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩ.

ﻓﻤﻊ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺸﺮﻭﺭ ﺍﻟﻤﺘﺮﺍﻛﻤﺔ، ﻭﺍﻷﻣﻮﺍﺝ ﺍﻟﻤﺘﻼﻃﻤﺔ، ﻭﺍﻟﻤﺰﻋﺠﺎﺕ ﺍﻟﻤﻠﻤﺔ، ﻭﺍﻟﻔﺘﻦ ﺍﻟﺤﺎﺿﺮﺓ ﻭﺍﻟﻤﺴﺘﻘﺒﻠﺔ ﺍﻟﻤﺪﻟﻬﻤﺔ - ﻣﻊ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻣﻮﺭ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ - ﺗﺠﺪ ﻣﺼﺪﺍﻕ ﻫﺬﺍ
ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ.

ﻭﻟﻜﻦ ﻣﻊ ﺫﻟﻚ؛ ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﻻ ﻳﻘﻨﻂ ﻣﻦ ﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﻻ ﻳﻴﺄﺱ ﻣﻦ ﺭﻭﺡ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﻧﻈﺮﻩ ﻣﻘﺼﻮﺭﺍً ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺳﺒﺎﺏ ﺍﻟﻈﺎﻫﺮﺓ، ﺑﻞ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻠﺘﻔﺘﺎً ﻓﻲ ﻗﻠﺒﻪ ﻛﻞ ﻭﻗﺖ ﺇﻟﻰ ﻣﺴﺒﺐ ﺍﻷﺳﺒﺎب، ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺍﻟﻮﻫﺎﺏ، ﻭﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻔﺮﺝ ﺑﻴﻦ ﻋﻴﻨﻴﻪ، ﻭﻭﻋﺪﻩ ﺍﻟﺬﻱ ﻻ ﻳُﺨﻠﻔﻪ، ﺑﺄﻧﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﺳﻴﺠﻌﻞ ﺑﻌﺪ ﻋﺴﺮٍ ﻳﺴﺮﺍً، ﻭﺃﻥ ﺍﻟﻔﺮﺝ ﻣﻊ ﺍﻟﻜﺮﺏ، ﻭﺃﻥ ﺗﻔﺮﻳﺞ ﺍﻟﻜﺮﺑﺎﺕ ﻣﻊ ﺷﺪﺓ ﺍﻟﻜﺮﺑﺎﺕ ﻭﺣﻠﻮﻝ ﺍﻟﻤﻔﻈﻌﺎﺕ.

ﻓﺎﻟﻤﺆﻣﻦ ﻣﻦ ﻳﻘﻮﻝ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﺣﻮﺍﻝ :

ﻻ ﺣﻮﻝ ﻭﻻ ﻗﻮﺓ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﻠﻪ، ﻭﺣﺴﺒﻨﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻧﻌﻢ ﺍﻟﻮﻛﻴﻞ، ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻮﻛﻠﻨﺎ, ﺍﻟﻠﻬﻢ ﻟﻚ ﺍﻟﺤﻤﺪ, ﻭﺇﻟﻴﻚ ﺍﻟﻤﺸﺘﻜﻰ، ﺃﻧﺖ ﺍﻟﻤﺴﺘﻌﺎﻥ ﻭﺑﻚ ﺍﻟﻤﺴﺘﻐﺎﺙ، ﻭﻻ ﺣﻮﻝ ﻭﻻ ﻗﻮﺓ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻠﻲ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ.

ﻭﻳﻘﻮﻡ ﺑﻤﺎ ﻳﻘﺪﺭ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻦ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﻭﺍﻟﻨﺼﺢ ﻭﺍﻟﺪﻋﻮﺓ، ﻭﻳﻘﻨﻊ ﺑﺎﻟﻴﺴﻴﺮ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﻤﻜﻦ ﺍﻟﻜﺜﻴﺮ، ﻭﺑﺰﻭﺍﻝ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺸﺮّ ﻭﺗﺨﻔﻴﻔﻪ ﺇﺫﺍ ﺗﻌﺬّﺭ ﻏﻴﺮ ﺫﻟﻚ.

{ﻭﻣﻦ ﻳﺘﻖ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺠﻌﻞ ﻟﻪ ﻣﺨﺮﺟﺎ}،

{ﻭﻣﻦ ﻳﺘﻮﻛﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻬﻮ ﺣﺴﺒﻪ}،
{ﻭﻣﻦ ﻳﺘﻖ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺠﻌﻞ ﻟﻪ ﻣﻦ ﺃﻣﺮﻩ ﻳﺴﺮﺍ}.

ﻧﻘﻼً ﻣﻦ ﻛﺘﺎﺏ : ‏[ ﺑﻬﺠﺔ ﻗﻠﻮﺏ ﺍﻷﺑﺮﺍﺭ ‏] ﻟﻠﺸﻴﺦ ﺍﺑﻦ ﺳﻌﺪﻱ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺹ 201 - 202

―――― 🔷 🔷 🔷 🔷

🌷 📄 Berkata Asy Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir As Sa'diy rahimahullah mengomentari dan menjelaskan hadits Nabi 'Alaihish Shalatu was Salaam:

ﻳَﺄْﺗِﻲ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺯَﻣَﺎﻥٌ ﺍﻟﻘَﺎﺑِﺾُ ﻋَﻠَﻰ ﺩِﻳْﻨِﻪِ ﻛَﺎﻟْﻘَﺎﺑِﺾِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺠَﻤْﺮ
ِ
🔶 🔥 “Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang
teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api”

📌 Beliau rahimahullah berkata:

🌏 🌠 "Dan betapa miripnya zaman kita ini dengan sifat yang disebutkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ini,

🌿 🌕 sesungguhnya tidaklah tersisa Islam ini kecuali hanya tinggal namanya saja, tidak pula Al Qur’an kecuali tinggal tulisannya saja; iman yang lemah dan hati-hati yang terpecah belah; pemerintahan-
pemerintahan yang terpisah-pisah, permusuhan dan kebencian yang menjauhkan antara sesama muslimin.

💥 🔗 musuh-musuh yang lahir dan yang batin, mereka beramal secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan untuk menghancurkan agama; ilhad (atheisme) dan sekulerisme, arus dan gelombangnya yang jelek menghanyutkan orang tua dan orang muda; dan orang-orang yang mengajak kepada akhlaq yang rusak, dan penghancuran atas sisanya yang lain.

💍 💎 Kemudian penerimaan manusia terhadap perhiasan-perhiasan dunia yang telah menjadi tujuan akhir amal mereka dan cita-cita terbesar mereka, yang mereka ridho dan benci karena dunia;

❌▪dan propaganda yang jahat untuk memandang rendah terhadap akhirot, dan penerimaan secara
menyeluruh terhadap urusan dunia; penghancuran agama, memandang hina dan memperolok-olok orang yang berpegang pada agama serta semua hal yang menyebutkan kemuliaan agama, berbangga diri dan keangkuhan.

⚠ ✅ Serta kesombongan dengan pendekatan-pendekatan yang dibangun di atas ilhad (atheisme) yang pengaruhnya, kejelekkannya dan keburukannya telah disaksikan oleh para hamba Allah.

💢 💦Dengan keburukan yang bertumpuk-tumpuk ini, arusnya yang jahat dan yang mencemaskan bagi agama, dan fitnah-fitnah yang ada serta masa depan yang suram -dengan perkara-perkara ini dan yang selainnya- engkau akan mendapati kebenaran hadits ini.


☝🔺Akan tetapi walaupun begitu, seorang mu’min tidaklah berputus asa dari rahmat dan pertolongan Allah, dan janganlah pandangannya hanya terbatas pada sebab-sebab yang zhahir saja, bahkan hendaknya ia melihat dalam hatinya setiap saat kepada Allah Al-Karim Al-Wahhab yang mewujudkan sebab-sebab, dan jadilah kelapangan itu berada di hadapannya, dan janji Allah yang tidak akan diselisihi-Nya, karena Allah akan menjadikan kemudahan untuknya setelah kesulitan, dan bahwa kelapangan itu bersama kesulitan, dan menghilangkan
kesulitan-kesulitan itu dengan kesulitan-kesulitan yang sangat dan merasakan duka cita.

🌾 “Dalam keadaan semacam ini, seorang mukmin hanyalah bisa berdoa,

ﻟَﺎ ﺣَﻮْﻝَ ﻭَﻟَﺎ ﻗُﻮَّﺓَ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ، ﺣَﺴْﺒُﻨَﺎ ﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﻧِﻌْﻢَ ﺍﻟﻮَﻛِﻴْﻞُ،ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﺗَﻮَﻛَّﻠْﻨَﺎ، ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻟَﻚَ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ، ﻭَﺇِﻟَﻴْﻚَ ﺍﻟْﻤُﺸْﺘَﻜَﻰ ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻌَﺎﻥُ ﻭَﺑِﻚَ ﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻐَﺎﺙُ ﻭَﻟَﺎ ﺣَﻮْﻝَ ﻭَﻟَﺎ ﻗُﻮَّﺓَ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﺍﻟﻌَﻠِﻲِّ ﺍﻟﻌَﻈِﻴْﻢ

☀ “Tidak ada usaha dan kekuatan selain dengan izin Allah. Cukuplah Allah bagi kami, Dialah sebaik-baik Dzat yang dipasrahi (urusan), kepada Allah sajalah kami bertawakal. Ya Allah, milik-Mulah segala pujian, kepada-Mu lah tempat mengadu, Engkaulah Dzat yang dimintai pertolongan, kepada-Mu lah diminta kebebasan dari kesempitan. Tidak ada usaha dan kekuatan selain dengan izin Allah, Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

❗☝Dan ia berusaha sesuai dengan kemampuannya untuk menegakkan keimanan, nasihat, dan dakwah. Ia berusaha untuk bersikap qanaah dengan hasil yang sedikit jika tidak memungkinkan hasil
yang banyak. Ia juga
berusaha untuk menghilangkan
keburukan dan
meminimalkannya, jika yang selain itu tidak memungkinkan.

{ﻣَﻦ ﻳَﺘَّﻖِ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳَﺠْﻌَﻞ ﻟَّﻪُ ﻣَﺨْﺮَﺟًﺎ}

🌾 “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar” [At-Thalaq : 2]

{ﻭَﻣَﻦ ﻳَﺘَﻮَﻛَّﻞْ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻬُﻮَ ﺣَﺴْﺒُﻪ}
ُ
🌾 “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya.” [At-Thalaq: 3]

{ﻭَﻣَﻦ ﻳَﺘَّﻖِ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳَﺠْﻌَﻞ ﻟَّﻪُ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮِﻩِ ﻳُﺴْﺮﺍ}
ً
🌾 “Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” [ At-Thalaq : 4].

✏ 📗 Nukilan dari kitab: [Bahjah Qulub Al Abrar] oleh Syaikh Ibnu Sa'diy rahimahullah hal. 201-202

――――🔶 🔶 🔶 🔶
✒ Admin

💻 Untuk fawaid lainnya bisa kunjungi website kami:
  www.ittibaus-sunnah.net
➖➖➖➖➖➖➖➖
أصحاب السنة
📕👍📗👍📘
🌠 Ashhabus Sunnah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar