Minggu, 22 Februari 2015

TAFSIR (AL QALAM ;42-43)

❁❁❁❁❁❁

🍃📑 Tafsir (Al Qalam: 42-43)
----------------
🔘 🔘 🔘

ﻭﻗﺎﻝ الله ﺗﻌﺎﻟﻰ :

{ ﻳَﻮْﻡَ ﻳُﻜْﺸَﻒُ ﻋَﻦ ﺳَﺎﻕٍ ﻭَﻳُﺪْﻋَﻮْﻥَ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺴُّﺠُﻮﺩِ ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺴْﺘَﻄِﻴﻌُﻮﻥَ ﺧَﺎﺷِﻌَﺔً ﺃَﺑْﺼَﺎﺭُﻫُﻢْ ﺗَﺮْﻫَﻘُﻬُﻢْ ﺫِﻟَّﺔٌ ﻭَﻗَﺪْ ﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻳُﺪْﻋَﻮْﻥَ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺴُّﺠُﻮﺩِ ﻭَﻫُﻢْ ﺳَﺎﻟِﻤُﻮﻥَ } ‏( القلم: ٤٢-٤٣ ‏)

ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﻛﺜﻴﺮ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ:

‏( ﻟﻤﺎ ﺩﻋﻮﺍ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺴﺠﻮﺩ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻓﺎﻣﺘﻨﻌﻮﺍ ﻣﻨﻪ ﻣﻊ ﺻﺤﺘﻬﻢ ﻭﺳﻼﻣﺘﻬﻢ ﻛﺬﻟﻚ ﻋﻮﻗﺒﻮﺍ ﺑﻌﺪﻡ ﻗﺪﺭﺗﻬﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﻓﻲ ﺍﻵﺧﺮﺓ

ﺇﺫﺍ ﺗﺠﻠﻰ ﺍﻟﺮﺏ - ﻋﺰ ﻭﺟﻞ - ﻓﺴﺠﺪ ﻟﻪ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻮﻥ ﻻ ﻳﺴﺘﻄﻴﻊ ﺃﺣﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﻜﺎﻓﺮﻳﻦ ﻭﻻ ﺍﻟﻤﻨﺎﻓﻘﻴﻦ ﺃﻥ ﻳﺴﺠﺪ، ﺑﻞ ﻳﻌﻮﺩ ﻇﻬﺮ ﺃﺣﺪﻫﻢ ﻃﺒﻘﺎً ﻭﺍﺣﺪﺍً، ﻛﻠﻤﺎ ﺃﺭﺍﺩ ﺃﺣﺪﻫﻢ ﺃﻥ ﻳﺴﺠﺪ ﺧﺮّ ﻟﻘﻔﺎﻩ، ﻋﻜﺲ ﺍﻟﺴﺠﻮﺩ، ﻛﻤﺎ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ، ﺑﺨﻼﻑ ﻣﺎ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻮﻥ‏)

ﺗﻔﺴﻴﺮ ﺍﺑﻦ ﻛﺜﻴﺮ ‏( 8/ 225 ‏)

~~~~~❈❈❈~~~~~

🍂🔹Allah ta'ala berfirman:

{ﻳَﻮْﻡَ ﻳُﻜْﺸَﻒُ ﻋَﻦْ ﺳَﺎﻕٍ ﻭَﻳُﺪْﻋَﻮْﻥَ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺴُّﺠُﻮﺩِ ﻓَﻠَﺎ ﻳَﺴْﺘَﻄِﻴﻌُﻮﻥَ. ﺧَﺎﺷِﻌَﺔً ﺃَﺑْﺼَﺎﺭُﻫُﻢْ ﺗَﺮْﻫَﻘُﻬُﻢْ ﺫِﻟَّﺔٌ ﻭَﻗَﺪْ ﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻳُﺪْﻋَﻮْﻥَ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺴُّﺠُﻮﺩِ ﻭَﻫُﻢْ ﺳَﺎﻟِﻤُﻮﻥ}َ

🔸"Pada hari betis disingkapkan dan mereka dipanggil untuk bersujud; maka mereka tidak kuasa. (dalam keadaan) pandangan mereka tunduk ke bawah, lagi mereka diliputi kehinaan. Dan sesungguhnya mereka dahulu (di dunia) diseru untuk bersujud, dan mereka dalam keadaan sehat". (Al Qalam: 42-43)

📜 💎 Ibnu Katsir rahimahullah berkata:

🌎 ⚡ Dan tatkala mereka diajak untuk sujud di dunia mereka menolaknya, padahal mereka dalam keadaan sehat dan selamat, maka demikianlah mereka disiksa, yaitu dengan tidak mampu untuk melakukannya di akhirat.

☝Ketika Allah Azza wa Jalla menampakkan dirinya, maka orang-orang beriman akan sujud kepada-Nya dan tidak ada seorangpun dari orang-orang kafir dan munafik mampu untuk sujud. Bahkan punggung mereka selalu kembali pada satu keadaan. Setiap kali salah seorang dari mereka ingin sujud, maka terpelesetlah kedua kakinya (jatuh kebelakang), kebalikan dari sujud, sebagaimana keadaan mereka dulu ketika di dunia, menyelishi keadaan yang ada pada orang-orang yang beriman.

📚 Tafsir Ibnu Katsir 8/225
❊❊❊❊

✒ Admin

💻 Untuk fawaid lainnya bisa kunjungi website kami:

🌐  www.ittibaus-sunnah.net
➖➖➖➖➖➖➖➖
أصحاب السنة
📕👍📗👍📘
🌠 Ashhabus Sunnah
🔺▫🔺▫🔺

1 komentar:

  1. Artikel kamu bagus gan! aku selalu menunggu artikel kamu.. Seperti artikel berjudul Tafsir Mimpi kadal

    BalasHapus