Selasa, 17 Februari 2015

AL-AKHLAQUL KARIMAH

»»»¦※¦※¦※¦«««
🔰 Silsilah Hadits-hadits Pilihan 🔰
------------------------------------------------
🔘 AL-AKHLAQUL KARIMAH.
------------------------------------------------
🎓 Fadhilatus Syaikh Albani rohimahulloh.

🌴 Dari 'Abdillah bin 'Amr Ibnil 'Ash rodhiallohu 'anhuma:

أن رجلا سأل رسول اللّٰه صلى اللّٰه عليه وسلم قال: أي الإسلام خير؟ قال: {تطعم الطعام، وتقرأ السلام على من تعرف، ومن لم تعرف} رواه البخاري ومسلم والنسائي.

Bahwa seseorang pernah bertanya kepada Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam, dia berkata: (amalan) Islam yang manakah yang terbaik? Beliau bersabda:

💬 Engkau memberi makan, dan ucapkanlah salam kepada orang yang engkau kenal, dan kepada orang tidak engkau kenal.
[HR. Bukhori dan Muslim serta An-Nasaai]

✨ Berkata syaikh Albani rohimahulloh:

"Di dalam hadits tersebut terdapat beberapa faedah yang agung yang sepatutnya bagi mu'min untuk benar-benar memperhatikannya dan memiliki sifat tersebut, karena itu merupakan akhlak yang mulia, dan termasuk dari kebiasaan yang terpuji, kita memohon kepada Alloh agar diberi taufiq untuk beramal dengannya.

👉 Diantaranya:

📌 Adanya anjuran untuk memberikan makan (kepada orang lain) yang itu merupakan pertanda dari sebuah kedermawanan dan sifat murah hati, serta akhlak yang mulia, dan padanya ada kemanfaatan bagi orang-orang yang butuh, dan menutup rasa lapar yang Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam pun berlindung darinya.

📌 Diantaranya: menebarkan salam yang itu menunjukkan atas kelembutan sikap bagi kaum muslimin dan sifat tawadhu' (kerendahan hati), dan anjuran untuk mempersatukan hati-hati mereka, dan mempersatukan kalimat mereka, dan memberikan kasih sayang kepada mereka serta mencintai mereka.

📌 Diantaranya: isyarat kepada pemerataan salam, yaitu tidak mengkhususkan salam kepada salah seorang tanpa yang lainnya, sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang borjuis dan orang-orang yang sombong lagi modern, karena kaum mu'minin semuanya mereka adalah saudara, dan mereka sama dalam hak persaudaraan.

⚠ Kemudian keumuman ini dikhususkan bagi kaum muslimin, maka jangan memulai mengucapkan salam kepada orang kafir; berdasarkan sabda Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam:

{لا تبدؤا اليهود ولا النصارى بالسلام ، فإذا لقيتم أحدهم في طريق فاضطروهم إلى أضيقه} رواه مسلم والبخاري في (الأدب المفرد) وغيرهما، وهو مخرج في (الصحيحة) 704

"Jangan kalian memulai kaum yahudi dan nashrani dengan salam, maka apabila kalian berjumpa dengan salah satu mereka di sebuah jalan maka pepetlah mereka ke tempat yang paling sempit". [HR. Muslim dan Bukhori di dalam "Al-Adabul Mufrod" dan selain keduanya, dan hadits tersebut dikeluarkan di dalam "As-Shohihah" (704)]
                ●○●○●○●○●

📔 Shahih At-Targhib wat Tarhib, Jilid: 1 Halaman: 560.

__✏ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh.
------------------------------------------------
📝عن عبدالله بن عمرو بن العاص رضي الله عنهما:أن رجلا سأل رسول  الله صلي الله عليه وسلم قال: أي اﻹسلام خير؟قال:تطعم الطعام،وتقرأ السلام علي من تعرف،ومن لم تعرف)).روه البخاري ومسلم والنسائي.
⚡قال الشيح الالباني رحمه الله:-
في الحديث فوائد عظيمة ينبغي للمؤمن أن يعيها ويتصف بها،ﻷنها من مكارم اﻷخلاق،ومن حميد العادات،نسأل الله تعالي أن يوفقنا للعمل بها.
✏منها الحث علي إطعام الطعام الذي هو أمارة الجود والسخاء،ومكارم اﻷخلاق،وفيه نفع للمحتاجين،وسد الجوع الذي استعاذ منه الرسول صلي الله عليه وسلم.
✏ومنها إفشاء السلام الذي يدل علي خفض الجناح للمسلمين والتواضع،والحث علي تألف قلوبهم،واجتماع كلمتهم ،وتوادهم ومحبتهم.
✏ومنها اﻹشارة إلي تعميم السلام ،وهو أن لا يخص به أحدا دون أحد،كما يفعله الجبابرة وأصحاب الكبر واﻷنفة،ﻷن المؤمنين كلهم إخوة،وهم متساوون في رعاية اﻷخوة.
⚡ثم هذا العموم خاص بالمسلمين،فلا يسلم ابتداء علي كافر؛لقوله صلي الله عليه وسلم :(لا تبدؤا اليهود ولا النصاري بالسلام،فإذا لقيتم أحدهم في طريق فاضطروهم إلي أضيقه).روه مسلم والبخاري في (اﻷدب المفرد)وغيرهما،وهو مخرج في (الصحيحة)704
✏هذه الفائدة من كتاب صحيح الترغيب والترهيب/المجلد:اﻷول-ص:560📚
------------------------------------------------
🌏 WA Ahlus Sunnah Karawang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar