Sabtu, 20 Juni 2015

TIDAK ADA AMALAN KHUSUS DALAM MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

๐Ÿฏ๐Ÿ”ฅ๐ŸŽฏ
------------
๐Ÿ”— TIDAK ADA AMALAN KHUSUS DALAM MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

๐Ÿ”ฌ Oleh:
Asy-Syaikh Al-'Allaamah 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baaz -rahimahullah-

                              ✹✹✹


๐Ÿ“ž P E R T A N Y A A N :

Apakah ada perkara-perkara khusus yang disyariatkan bagi seorang muslim dalam menyambut bulan ramadhan ?



๐Ÿ”“ J A W A B A N :

Bulan Ramadhan merupakan seutama-utama bulan di dalam satu tahun dikarenakan Allah Subhaanahu wata`ala telah mengkhususkannya dengan menjadikan puasa bulan Ramadhan itu sebagai kewajiban dan rukun keempat dari rukun-rukun Islam.

๐Ÿ”–Allah azza wa jalla juga menyariatkan bagi umat Islam untuk menunaikan shalat di malam harinya -tarawih- sebagaimana sabda Nabi ๏ทบ :

« ุจُู†ِูŠَ ุงْู„ุฅِุณْู„ุงَู…ُ ุนَู„َู‰ ุฎَู…ْุณٍ : ุดَู‡َุงุฏَุฉُ ุฃَู†ْ ู„ุงَ ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„ุงَّ ุงู„ู„ู‡ُ ูˆَุฃَู†َّ ู…ُุญَู…َّุฏุงً ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุฅِู‚َุงู…ُ ุงู„ุตَّู„ุงَุฉِ ูˆَุฅِูŠْุชَุงุกُ ุงู„ุฒَّูƒَุงุฉِ ูˆَุตَูˆْู…ُ ุฑَู…َุถَุงู†َ ูˆَุญَุฌُّ ุงู„ْุจَูŠْุชِ.»

"Islam dibangun diatas lima hal: bersaksi bahwasannya tidak ada ilah yang berhaq diibadahi dengan benar kecuali Allah dan bersaksi bahwasannya Muhammad ๏ทบ adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadhan, dan berhaji ke baitullah".[Muttafaqun `alaihi].


Dan Nabi ๏ทบ bersabda:

« ู…َู†ْ ู‚َุงู…َ ุฑَู…َุถَุงู†َ ุฅِูŠู…َุงู†ًุง ูˆَุงุญْุชِุณَุงุจًุง ุบُูِุฑَ ู„َู‡ُ ู…َุง ุชَู‚َุฏَّู…َ ู…ِู†ْ ุฐَู†ْุจِู‡ »

"Barangsiapa yang menegakkan shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan ihtisab (mengharapkan pahala dari Allah)  pasti akan diampuni baginya dosa yang telah lalu" [Muttafaqun `alaihi].

ูˆู„ุง ุฃุนู„ู€ู€ู… ุดูŠุฆุงً ู…ุนูŠู†ุงً ู„ุงุณุชู‚ุจุงู„ ุฑู…ุถู€ู€ุงู† ุณูˆู‰ ุฃู† ูŠุณุชู‚ุจู„ู€ู€ู€ู‡ ุงู„ู…ุณู„ู€ู€ู… ุจุงู„ูู€ู€ู€ุฑุญ ูˆุงู„ุณุฑูˆุฑ ูˆุงู„ุงุบุชุจุงุท ูˆุดูƒุฑ ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ุจู„ุบู€ู€ู€ู‡ ุฑู…ุถุงู†، ูˆูˆูู‚ู‡ ูุฌุนู„ู€ู€ู‡ ู…ู† ุงู„ุฃุญูŠุงุก ุงู„ุฐูŠู† ูŠุชู†ุงูุณูˆู† ููŠ ุตุงู„ุญ ุงู„ุนู…ู„، ูุฅู† ุจู„ูˆุบ ุฑู…ุถุงู† ู†ุนู…ุฉ ุนุธูŠู…ุฉ ู…ู† ุงู„ู„ู‡.

❌Dan aku tidak mengetahui suatu yang khusus dalam menyambut bulan Ramadhan melainkan seorang muslim menyongsongnya dengan rasa gembira,  bahagia, dan suka ria. Dan ia bersyukur kepada Allah azza wa jalla ketika Allah telah mengantarkannya sampai pada bulan Ramadhan dan memberikan taufiq kepadanya sehingga ia  termasuk orang-orang yang masih hidup yang berlomba-lomba di dalam amalan shalih. Maka sungguh bertemu bulan Ramadhan adalah nikmat yang besar dari Allah.

๐Ÿ‘‰Oleh karena itu Nabi ๏ทบ memberikan kabar gembira kepada para sahabatnya tentang datangnya bulan Ramadhan dengan menjelaskan keutamaan-keutamaannya dan apa yang Allah persiapkan di dalamnya bagi orang yang berpuasa dan bagi orang -orang yang menegakkan (shalat dan amalan shalih) berupa pahala yang besar.

๐Ÿ‘Dan disyari'atkan bagi seorang muslim untuk menyambut bulan yang mulia ini dengan taubat nashuha (yang sesungguhnya) dan bersiap-siap untuk puasa dan menegakkan shalat malam nya dengan niat yang shalih dan tekad yang jujur.

                           --๐ŸŒณ๐ŸŒณ๐ŸŒณ--


ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€
๐Ÿ“ฎ ู„ุง ุฃุนู„ู€ู€ู€ู€ู… ุดูŠุฆุงً ู…ุนูŠู†ุงً ู„ุงุณุชู‚ุจุงู„ ุฑู…ุถู€ู€ู€ุงู†

๐Ÿ”ปุณ: ู‡ู„ ู‡ู†ุงูƒ ุฃู…ูˆุฑ ุฎุงุตุฉ ู…ุดุฑูˆุนุฉ ูŠุณุชู‚ุจู„ ุจู‡ุง ุงู„ู…ุณู„ู… ุฑู…ุถุงู†؟

๐Ÿ”บุฌ: ุดู‡ุฑ ุฑู…ุถุงู† ู‡ูˆ ุฃูุถู„ ุดู‡ูˆุฑ ุงู„ุนุงู…؛ ู„ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰ ุงุฎุชุตู‡ ุจุฃู† ุฌุนู„ ุตูŠุงู…ู‡ ูุฑูŠุถุฉ ูˆุฑูƒู†ุงً ุฑุงุจุนุงً ู…ู† ุฃุฑูƒุงู† ุงู„ุฅุณู„ุงู… ูˆุดุฑุน ู„ู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ู‚ูŠุงู… ู„ูŠู„ู‡ ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ :

((ุจู†ูŠ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุฎู…ุณ ุดู‡ุงุฏุฉ ุฃู† ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡ ูˆุฃู† ู…ุญู…ุฏุงً ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡، ูˆุฅู‚ุงู… ุงู„ุตู„ุงุฉ، ูˆุฅูŠุชุงุก ุงู„ุฒูƒุงุฉ، ูˆุตูˆู… ุฑู…ุถุงู†، ูˆุญุฌ ุงู„ุจูŠุช)) ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡.

ูˆู‚ุงู„ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู…: ((ู…ู† ู‚ุงู… ุฑู…ุถุงู† ุฅูŠู…ุงู†ุงً ูˆุงุญุชุณุงุจุงً ุบูุฑ ู„ู‡ ู…ุง ุชู‚ุฏู… ู…ู† ุฐู†ุจู‡)) ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡.

❌ูˆู„ุง ุฃุนู„ู… ุดูŠุฆุงً ู…ุนูŠู†ุงً ู„ุงุณุชู‚ุจุงู„ ุฑู…ุถุงู† ุณูˆู‰ ุฃู† ูŠุณุชู‚ุจู„ู‡ ุงู„ู…ุณู„ู… ุจุงู„ูุฑุญ ูˆุงู„ุณุฑูˆุฑ ูˆุงู„ุงุบุชุจุงุท ูˆุดูƒุฑ ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ุจู„ุบู‡ ุฑู…ุถุงู†، ูˆูˆูู‚ู‡ ูุฌุนู„ู‡ ู…ู† ุงู„ุฃุญูŠุงุก ุงู„ุฐูŠู† ูŠุชู†ุงูุณูˆู† ููŠ ุตุงู„ุญ ุงู„ุนู…ู„، ูุฅู† ุจู„ูˆุบ ุฑู…ุถุงู† ู†ุนู…ุฉ ุนุธูŠู…ุฉ ู…ู† ุงู„ู„ู‡.

๐Ÿ‘ˆูˆู„ู‡ุฐุง ูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ ูŠุจุดุฑ ุฃุตุญุงุจู‡ ุจู‚ุฏูˆู… ุฑู…ุถุงู† ู…ุจูŠู†ุงً ูุถุงุฆู„ู‡ ูˆู…ุง ุฃุนุฏ ุงู„ู„ู‡ ููŠู‡ ู„ู„ุตุงุฆู…ูŠู† ูˆุงู„ู‚ุงุฆู…ูŠู† ู…ู† ุงู„ุซูˆุงุจ ุงู„ุนุธูŠู…، ูˆูŠุดุฑุน ู„ู„ู…ุณู„ู… ุงุณุชู‚ุจุงู„ ู‡ุฐุง ุงู„ุดู‡ุฑ ุงู„ูƒุฑูŠู… ุจุงู„ุชูˆุจุฉ ุงู„ู†ุตูˆุญ ูˆุงู„ุงุณุชุนุฏุงุฏ ู„ุตูŠุงู…ู‡ ูˆู‚ูŠุงู…ู‡ ุจู†ูŠุฉ ุตุงู„ุญุฉ ูˆุนุฒูŠู…ุฉ ุตุงุฏู‚ุฉ.

                              ✲✹✲

๐ŸŒ Sumber:
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=138430 | Dikutip dari Majmu'ah Khidmah Salasilu Al-Ilmiyyah
✏Alih Bahasa:
Abu Abdil Muhsin Yuni (Bantul) -hafidzahullah- [FBF-12]

______________
๐Ÿ” ู…ุฌู…ูˆุนู€ู€ู€ู€ู€ุฉ ุชูˆุฒูŠุน ุงู„ูู€ู€ู€ู€ู€ูˆุงุฆุฏ
๐Ÿ“Œ❂ WA Forum Berbagi Faidah FBF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar