Rabu, 24 Juni 2015

BERBUKA DENGAN KURMA

○●○●○●○
🔰 Silsilah Fatawa Romadhon 🔰
———————————————
🔘 BERBUKA DENGAN KURMA.
———————————————
🎓 Fadhilatus Syaikh Muhammad bin Abdillah As-Sabil رحمه اللّٰهُ تعالى.

✒__ Penanya berkata:

Apakah berbuka puasa dengan beberapa kurma akan menambah pahala orang yang berpuasa?

🔏 JAWABAN:

☝ Berbuka puasa dengan beberapa kurma akan menambah pahala orang yang berpuasa; karena dia mencontoh Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam; dan sungguh telah datang riwayat dari Anas bin Malik rodhiallohu 'anhu bahwasanya dia berkata:

 كان رسول اللهِ صلى الله عليه وسلم يفطر علىرطبًات قبل أن يصلي فإن لم تكن رطبًات فعلى تمرات فإن لم تكن حسا حسوات من ماء. (رواه أبو داود والترمذي وأحمد).

"Kebiasaan rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam beliau berbuka puasa dengan beberapa kurma muda (ruthob) sebelum sholat, dan jika tidak ada kurma muda maka dengan kurma masak (tamr), dan jika tidak ada maka beliau meneguk beberapa teguk air". [HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ahmad]

☝ Maka berbuka dengan ruthob -yaitu kurma yang diambil ketika ranum- lebih utama (afdhol) namun jika tidak ada maka berbuka dengan kurma masak (tamr), dan jika tidak ada maka dengan air.

✔ Dan ini merupakan kedermawanan beliau shollallohu 'alaihi wa sallam dan kasih sayang beliau kepada umatnya dan bimbingan beliau kepada mereka menuju perkara yang memberikan kemanfaatan bagi mereka; karena kurma muda bersifat lembut dan cepat meresap, sehingga apabila seseorang memakannya akan menjadi kuat untuk beribadah, dan dengan kurma masak setelahnya kemudian air apabila tidak ada. Wallohu a'lam.
                 ✩★✩★✩

📔 Fatawa As-Shiyam, hal: 9-10.

✏__ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh عَفَا اللّٰهُ عَنْهُ.
———————————————
🌏 WA Ahlus Sunnah Karawang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar