Sabtu, 20 Juni 2015

KEADAAN PARA SALAFUS SHOLIH KETIKA MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

๐ŸŽ’๐Ÿฏ๐ŸŽฏ
------------
๐Ÿ”—KEADAAN PARA SALAFUS SHOLIH KETIKA MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

๐Ÿ”ฌ Oleh:
Asy-Syaikh Sholih Fauzan Al-Fauzan -hafidzahullah-


                              ✹✹✹


๐Ÿ“žP E R T A N Y A A N :

Bagaimana keadaan para Salafus shalih -semoga Allah meridhoi dan merahmati mereka- ketika menyambut datangnya bulan yang agung ini (Ramadhan) ? Bagaimana bimbingan, sikap, dan tuntunan mereka?

๐Ÿ”–Masalah yang kedua:

Wahai Syaikh yang mulia, bagaimana cara seorang muslim mengambil manfaat pada malam dan siang hari yang ia hidup di saat ini (yakni) :
   ■ Persiapan ilmu tentang hukum-hukum seputar puasa,
   ■ Memahami apa-apa yang membatalkan puasa,
   ■ dan mengetahui hukum-hukumnya SEDANGKAN sebagian orang lalai dari perkara ini sehingga mereka tidak mengetahui permasalahan seputar puasa dan juga tidak memahami pemahaman yang mesti (dimiliki) terkait perkara puasa? Apakah ada peringatan dari Syaikh -semoga Allah menjaganya- berkenaan problema ini?



๐Ÿ”“J A W A B A N :

ุจุณู€ู€ู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ู€ู€ุฑุญู…ู† ุงู„ู€ู€ู€ุฑุญูŠู…

Semoga Allah limpahkan keselamatan, keberkahan dan rahmatNya kepada kalian.

Dan semoga Allah memberkahimu, (berkenaan) keadaan salaf pada bulan Ramadhan, perihal mereka sebagaimana  tertera pada kitab-kitab yang diriwayatkan -dengan sanad dari orang yang terpercaya- dari mereka BAHWA:

◾ Mereka dahulu senantiasa memohon kepada Allah azza wa jalla agar mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan SEBELUM memasukinya.

◾Meminta kepada Allah agar mempertemukan mereka dengan Bulan Ramadhan tatkala mereka tahu adanya kebaikan yang besar dan manfaat yang berlimpah di dalamnya.

◾Kemudian ketika MASUK Bulan Ramadhan, mereka memohon kepada Allah agar membantu mereka mengerjakan amal shalih di bulan itu.

◾Selanjutnya jika Ramadhan berakhir, mereka memohon kepada Allah agar amalan mereka diterima, sebagaimana Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Tinggi berfirman:

َ
﴿ ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠُุคْุชُูˆู†َ ู…َุง ุขุชَูˆْุง ูˆَู‚ُู„ُูˆุจُู‡ُู…ْ ูˆَุฌِู„َุฉٌ ุฃَู†َّู‡ُู…ْ ุฅِู„َู‰ ุฑَุจِّู‡ِู…ْ ุฑَุงุฌِุนُูˆู†َ ุฃُูˆู„َุฆِูƒَ ูŠُุณَุงุฑِุนُูˆู†َ ูِูŠ ุงู„ْุฎَูŠْุฑَุงุชِ ูˆَู‡ُู…ْ ู„َู‡َุง ุณَุงุจِู‚ُูˆู† ﴾

"Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, karena mereka tahu bahwa sesungguhnya mereka akan kembali kepada Rabb mereka, mereka itu adalah orang-orang yang bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya.”
[Q.S. Al-Mu'minuun: 60 - 61].


.................................
☝Mereka dahulu bersungguh-sungguh ketika dalam beramal lalu timbul pada mereka kekhawatiran setelah beramal, apakah amalannya diterima atau tidak?

๐Ÿ”„Yang demikian itu karena pengetahuan mereka tentang keagungan Allah azza wa Jalla dan bahwa Allah tidak menerima suatu amalan KECUALI yang ikhlas (murni) untuk wajah-Nya dan mencocoki sunnah Rasul-Nya dari amalan-amalannya.

๐Ÿ”„ Mereka dahulu tidak mentazkiyah diri mereka (dengan menganggap dirinya orang bertakwa) dan merasa khawatir amalan-amalan mereka bathil (tidak diterima). SEHINGGA mereka sangatlah letih dalam menunaikan amalan-amalan agar diterima. Karena Allah jalla wa 'alaa berfirman:

﴿ ุฅِู†َّู…َุง ูŠَุชَู‚َุจَّู„ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ู…ِู†َ ุงู„ْู…ُุชَّู‚ِูŠู† ﴾

" Sesungguhnya Allah hanya menerima (amalan) dari orang-orang yang bertakwa ”

๐Ÿ”„Mereka meluangkan seluruh waktu mereka pada bulan ini (Ramadhan), sebagaimana yang telah lalu, untuk ibadah dan meminimalkan amalan duniawi.

๐Ÿ”„Mereka memenuhi waktunya dengan duduk di rumah-rumah Allah azza wa jalla, dan mereka berkata:

 ู†ุญู€ู€ูุธ ุตู€ู€ูˆู…ู€ู†ุง ูˆู„ุง ู†ุบุชู€ู€ุงุจ ุฃุญู€ู€ู€ุฏุงً

"Kami akan menjaga puasa kami dan tidak menggunjing seorang pun."

๐Ÿ”„Mereka membawa mushaf-mushaf dan mengkaji Kitabullah azza wa jalla. Mereka menjaga waktu-waktu mereka dari kesia-siaan.

ู…ุง ูƒุงู†ูˆุง ูŠู‡ู…ู„ูˆู† ุฃูˆ ูŠูุฑุทูˆู† ูƒู…ุง ุนู„ูŠู‡ ุญุงู„ ุงู„ูƒุซูŠุฑ ุงู„ูŠูˆู…، ุจู„ ูƒุงู†ูˆุง ูŠุญูุธูˆู† ุฃูˆู‚ุงุชู‡ ู„ูŠู„ ููŠ ุงู„ู‚ูŠุงู… ูˆุงู„ู†ู‡ุงุฑ ุจุงู„ุตูŠุงู… ูˆุชู„ุงูˆุฉ ุงู„ู‚ู€ุฑุขู† ูˆุฐูƒุฑ ุงู„ู„ู‡ ูˆุฃุนู…ู€ู€ู€ุงู„ ุงู„ุฎูŠุฑ..  

⏰Mereka tidak mengabaikan atau mengentengkan waktu sebagaimana keadaan kebanyakan orang  sekarang ini.BAHKAN mereka menjaga waktu-waktu mereka, di malam hari dengan qiyamul lail (shalat malam), dan siangnya dengan berpuasa, tilawah, berdzikir kepada Allah, mengerjakan amalan-amalan kebaikan.

ู…ุง ูƒุงู†ูˆุง ูŠูุฑุทูˆู† ููŠ ุฏู‚ูŠู‚ุฉ ู…ู†ู‡، ุฃูˆ ููŠ ู„ุญุธุฉ ู…ู†ู‡ ุฅู„ุง ูˆูŠู‚ุฏู…ูˆู† ููŠู‡ุง ุนู…ู„ุง ุตุงู„ุญุง.

๐Ÿ“› Mereka (Salafus shalih) tidak menyia-nyiakan semenit atau sejenakpun dari waktunya melainkan mereka mendatangkan amalan shalih di dalamnya.


                      ---๐ŸŒณ๐Ÿ”ฅ๐ŸŒณ---

ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€
๐Ÿ“ฎุญู€ู€ุงู„ ุงู„ุณู„ู ุงู„ุตู€ู€ู€ู€ุงู„ุญ ููŠ ุงุณุชู‚ุจุงู„ ุดู‡ู€ู€ู€ุฑ ุฑู…ุถู€ู€ู€ู€ุงู†

๐Ÿ”ปุงู„ุณู€ู€ู€ู€ุคุงู„:
 ู…ุง ู‡ูˆ ุญุงู„ ุงู„ุณู„ู ุงู„ุตุงู„ุญ - ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู… ูˆุฑุญู…ู‡ู…- ููŠ ุงุณุชู‚ุจุงู„ ู‡ุฐุง ุงู„ุดู‡ุฑ ุงู„ุนุธูŠู…؟ ูƒูŠู ูƒุงู† ู‡ุฏูŠู‡ู…؟ ูˆูƒูŠู ูƒุงู† ุณู…ุชู‡ู… ูˆุฏู„ู‡ู…؟ ุงู„ุฃู…ุฑ ุงู„ุซุงู†ูŠ: ู…ุนุงู„ูŠ ุงู„ุดูŠุฎ ูƒูŠู ูŠูƒูˆู† ุงุณุชุนุฏุงุฏ ุงู„ู…ุณู„ู… ู„ุงุบุชู†ุงู… ู‡ุฐู‡ ุงู„ู„ูŠุงู„ูŠ ุงู„ุชูŠ ู‡ูˆ ุงู„ุขู† ูŠุนูŠุดู‡ุง, ูˆู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃูŠุงู…؟ ุงู„ุงุณุชุนุฏุงุฏ ุงู„ุนู„ู…ูŠ ุจู…ุนุฑูุฉ ุฃุญูƒุงู… ุงู„ุตูŠุงู…, ูˆู…ุนุฑูุฉ ุงู„ู…ูุทุฑุงุช, ูˆู…ุนุฑูุฉ ุฃุญูƒุงู…ู‡, ูˆุจุนุถ ุงู„ู†ุงุณ ูŠุบูู„ ุนู† ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃุดูŠุงุก ูู„ุง ูŠุชูู‚ู‡ ููŠ ุฃู…ุฑ ุงู„ุตูŠุงู…, ูˆุฃูŠุถًุง ู„ุง ูŠุชูู‚ู‡ ุงู„ูู‚ู‡ ุงู„ูˆุงุฌุจ ููŠ ุฃู…ุฑ ุงู„ุตูŠุงู…, ูู‡ู„ ูŠู†ุจู‡ ุงู„ุดูŠุฎ - ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡- ุนู„ู‰ ู‡ุฐุง ุงู„ุฃู…ุฑ؟

๐Ÿ”ปุงู„ู€ู€ู€ู€ุฌูˆุงุจ:
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…، ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡، ูˆุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ููŠูƒ،

ุญุงู„ุฉ ุงู„ุณู„ู ููŠ ุดู‡ุฑ ุฑู…ุถุงู†، ุญุงู„ุฉ ุงู„ุณู„ู ูƒู…ุง ู‡ูˆ ู…ุฏูˆู† ููŠ ุงู„ูƒุชุจ ุงู„ู…ุฑูˆูŠุฉ ุจุฃุณุงู†ูŠุฏ ุงู„ุซู‚ุงุช ุนู†ู‡ู… ، ุฃู†ู‡ู… ูƒุงู†ูˆุง ูŠุณุฃู„ูˆู† ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„ ุฃู† ูŠุจู„ุบู‡ู… ุฑู…ุถุงู† ู‚ุจู„ ุฃู† ูŠุฏุฎู„ ูŠุณุฃู„ูˆู† ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ูŠุจู„ุบู‡ู… ุดู‡ุฑ ุฑู…ุถุงู†، ู„ู…ุง ูŠุนู„ู…ูˆู† ููŠู‡ ู…ู† ุงู„ุฎูŠุฑ ุงู„ุนุธูŠู… ูˆุงู„ู†ูุน ุงู„ุนู…ูŠู…، ุซู… ุฅุฐุง ุฏุฎู„ ุฑู…ุถุงู† ูŠุณุฃู„ูˆู† ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ูŠุนูŠู†ู‡ู… ุนู„ู‰ ุงู„ุนู…ู„ ุงู„ุตุงู„ุญ ููŠู‡، ุซู… ุฅุฐุง ุงู†ุชู‡ู‰ ุฑู…ุถุงู† ูŠุณุฃู„ูˆู† ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ูŠุชู‚ุจู„ู‡ ู…ู†ู‡ู…، ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‡ ุฌู„ ูˆุนู„ุง:

(ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠُุคْุชُูˆู†َ ู…َุง ุขุชَูˆْุง ูˆَู‚ُู„ُูˆุจُู‡ُู…ْ ูˆَุฌِู„َุฉٌ ุฃَู†َّู‡ُู…ْ ุฅِู„َู‰ ุฑَุจِّู‡ِู…ْ ุฑَุงุฌِุนُูˆู†َ ุฃُูˆู„َุฆِูƒَ ูŠُุณَุงุฑِุนُูˆู†َ ูِูŠ ุงู„ْุฎَูŠْุฑَุงุชِ ูˆَู‡ُู…ْ ู„َู‡َุง ุณَุงุจِู‚ُูˆู†َ)،

ูˆูƒุงู†ูˆุง ูŠุฌุชู‡ุฏูˆู† ููŠ ุงู„ุนู…ู„، ุซู… ูŠุตูŠุจู‡ู… ุงู„ู‡ู… ุจุนุฏ ุงู„ุนู…ู„، ู‡ู„ ูŠู‚ุจู„ ุฃูˆ ู„ุง ูŠู‚ุจู„؟ ูˆุฐู„ูƒ ู„ุนู„ู…ู‡ู… ุจุนุธู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„، ูˆุนู„ู…ู‡ู… ุจุฃู† ุงู„ู„ู‡ ู„ุง ูŠู‚ุจู„ ุฅู„ุง ู…ุง ูƒุงู† ุฎุงู„ุตุง ู„ูˆุฌู‡ู‡، ูˆุตูˆุงุจุง ุนู„ู‰ ุณู†ุฉ ุฑุณูˆู„ู‡ ู…ู† ุงู„ุฃุนู…ุงู„، ููƒุงู†ูˆุง ู„ุง ูŠุฒูƒูˆู† ุฃู†ูุณู‡ู…، ูˆูŠุฎุดูˆู† ู…ู† ุฃู† ุชุจุทู„ ุฃุนู…ุงู„ู‡ู…، ูู‡ู… ู„ู‡ุง ุฃู† ุชู‚ุจู„ ุฃุดุฏ ู…ู†ู‡ู… ุชุนุจุง ููŠ ุฃุฏุงุฆู‡ุง، ู„ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุฌู„ ูˆุนู„ุง ูŠู‚ูˆู„:

(ุฅِู†َّู…َุง ูŠَุชَู‚َุจَّู„ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ู…ِู†َ ุงู„ْู…ُุชَّู‚ِูŠู†َ)،

 ูˆูƒุงู†ูˆุง ูŠุชูุฑุบูˆู† ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ุดู‡ุฑ، ูƒู…ุง ุฃุณู„ูู†ุง ู„ู„ุนุจุงุฏุฉ، ูˆูŠุชู‚ู„ู„ูˆู† ู…ู† ุฃุนู…ุงู„ ุงู„ุฏู†ูŠุง، ูˆูƒุงู†ูˆุง ูŠูˆูุฑูˆู† ุงู„ูˆู‚ุช ู„ู„ุฌู„ูˆุณ ููŠ ุจูŠูˆุช ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„، ูˆูŠู‚ูˆู„ูˆู†: ู†ุญูุธ ุตูˆู…ู†ุง ูˆู„ุง ู†ุบุชุงุจ ุฃุญุฏุงً

๐Ÿ‘ˆูˆูŠุญุถุฑูˆู† ุงู„ู…ุตุงุญู، ูˆูŠุชุฏุงุฑุณูˆู† ูƒุชุงุจ ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„، ูƒุงู†ูˆุง ูŠุญูุธูˆู† ุฃูˆู‚ุงุชู‡ู… ู…ู† ุงู„ุถูŠุงุน،  ู…ุง ูƒุงู†ูˆุง ูŠู‡ู…ู„ูˆู† ุฃูˆ ูŠูุฑุทูˆู† ูƒู…ุง ุนู„ูŠู‡ ุญุงู„ ุงู„ูƒุซูŠุฑ ุงู„ูŠูˆู…، ุจู„ ูƒุงู†ูˆุง ูŠุญูุธูˆู† ุฃูˆู‚ุงุชู‡ ู„ูŠู„ ููŠ ุงู„ู‚ูŠุงู… ูˆุงู„ู†ู‡ุงุฑ ุจุงู„ุตูŠุงู… ูˆุชู„ุงูˆุฉ ุงู„ู‚ุฑุขู† ูˆุฐูƒุฑ ุงู„ู„ู‡ ูˆุฃุนู…ุงู„ ุงู„ุฎูŠุฑ، ู…ุง ูƒุงู†ูˆุง ูŠูุฑุทูˆู† ููŠ ุฏู‚ูŠู‚ุฉ ู…ู†ู‡، ุฃูˆ ููŠ ู„ุญุธุฉ ู…ู†ู‡ ุฅู„ุง ูˆูŠู‚ุฏู…ูˆู† ููŠู‡ุง ุนู…ู„ุง ุตุงู„ุญุง.                

                               ✲✹✲

๐ŸŒ Sumber:
http://alfawzan.af.org.sa/node/14891
✏ Alih Bahasa :
Abu Kuraib Habib bin Ahmad (Bandung) -hafidzahullah- [FBF-1]
__________________
 ู…ุฌู…ูˆุนู€ู€ู€ู€ู€ุฉ ุชูˆุฒูŠุน ุงู„ูู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ูˆุงุฆุฏ
๐Ÿ“ŒWA Forum Berbagi Faidah [FBF] | www.alfawaaid.netl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar