Sabtu, 14 November 2015

SHALATNYA TIDAK MENCEGAHNYA DARI PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR

■○■○■○■○■
🌄🌵🌄🌵🌄
∷∷∷∷∷∷∷∷

SHALATNYA TIDAK MENCEGAHNYA DARI PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR

🔑Soal:
Saya mengerjakan shalat akan tetapi saya masih berbuat mungkar, apa nasehat anda untuk saya? kenapa shalatku belum mencegah saya dari kemungkaran?

🔐Jawab:
Nasehatku untukmu adalah engkau bertaubat kepada Allah, jujur didalam menghadapkan diri kepada Allah, menghadirkan keagungan zat yang engkau maksiati dan siksanya bagi yang menyelisihi perintahNya, dan membaca firman Allah:
"Beritakanlah kepada hamba-hambaku bahwa akulah yang maha pengampun dan maha penyayang". (QS. Al hijir: 49).

"Dan sesungguhnya siksaanku adalah siksaan yang pedih". (QS. Al hijir: 50)

Maka minta ampulah kepada Allah dan rahmatNya, dan takutlah terhadap siksaanNya.

Adapun engkau shalat dan shalatmu belum mencegah engkau dari kemungkaran, mungkin saja didalam shalatmu ada kekurangan, karena shalat yang mencegah dari perbuatan keji dan mungkar adalah shalat yang sempurna yang sesuai dengan apa yang datang dari Nabi صلى عليه وسلم dengan menghadirkan hati (niat yang ikhlas) dan menunaikannya sesuai dengan sunnah.

Dan tidak setiap shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, bahkan shalat yang ditegakkan dengan benar adalah shalat yang ditegakkan oleh seseorang sesuai cara yang sepantasnya, Allah berfirman:
"Bacakanlah (kepada mereka) apa yang di wahyukan kepadamu dan tegakkanlah shalat, sesungguhnya shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar". (QS. Al ankabut: 45)

yaitu engkau tegakkan shalat diatas cara yang benar.

📚 silsilah al liqa' asy syahri

Oleh Asy syeikh Muhammad bin Shaleh Al Utsaimin رحمه الله

صلاته لا تنهاه عن الفحشاء والمنكر

 السؤال:

 أنا أصلي ولكن أفعل بعض المنكرات، فما هي نصيحتكم لي؟ ولماذا لم تنهني صلاتي عن المنكر؟

 الجواب:

 نصيحتي لك أن تتوب إلى الله -عز وجل-، وأن تصدق الإقبال إلى الله، وأن تستحضر عظمة من عصيت وعقوبته -عز وجل- لمن خالف أمره، وأن تقرأ قول الله تعالى: ﴿نَبِّئْ عِبَادِي أَنِّي أَنَا الْغَفُورُ الرَّحِيمُ﴾ [الحجر:49] ﴿وَأَنَّ عَذَابِي هُوَ الْعَذَابُ الْأَلِيمُ﴾ [الحجر:50] فاستغفر الله واسترحمه، وخف من عذابه، وأما كونك تصلي وصلاتك لا تنهاك عن المنكر فلعل صلاتك فيها قصور؛ لأن الصلاة التي تنهى عن الفحشاء والمنكر هي الصلاة الكاملة، التي تكون على وفق ما جاء عن النبي -صلى الله عليه وسلم- باستحضار القلب، وأداء العمل كما جاءت به السنة، وليس كل صلاة تنهى عن الفحشاء والمنكر، بل الصلاة المقامة التي أقامها الإنسان على الوجه الذي ينبغي، قال الله تعالى: ﴿اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ﴾ [العنكبوت:45] يعني: التي أقمتها على الوجه الصحيح.


المصدر: سلسلة اللقاء الشهري لشيخنا محمد بن عثيمين رحمه الله > اللقاء الشهري [1]


التوبة والرقائق


 رابط المقطع الصوتي
http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/mm_001_18.mp3

https://telegram.me/Osamasaud
--------------------



                  ——— ◆◆□◉※🔆※◉□◆◆ ———


✍⇝📃 Syabab Salafy Kolaka
https://telegram.me/salafykolaka

☆⇛[🌠 Salafy Kolaka
[🌌

——————— ✧ ※🔘※ ✧ ——————

Tidak ada komentar:

Posting Komentar