Jumat, 13 November 2015

INILAH SIKAP ORANG YANG TERDIDIK

👍 INILAH SIKAP ORANG YANG TERDIDIK
🍂🌐☀〰〰〰〰〰〰〰〰〰☀🌐🍂



🌳  Adab yang Baik   🌳



Al-Kisa'i رحمه الله mengatakan,

"Aku pernah shalat bersama Khalifah Harun ar-Rasyid. Kemudian aku merasa kagum dengan bacaanku sendiri, hingga aku salah membaca di dalam ayat yang anak kecil pun tidak akan salah membacanya!!

Aku ingin mengucapkan, لعلهم يرجعون , namun aku justru membaca, لعلهم يرجعين .


Demi Allah, Harun tidak lancang mengataiku, "Engkau salah baca," namun setelah aku salam ia berkata kepadaku,
" Wahai Kisa'i, bahasa apa ini?"


Aku pun menjawab, "Wahai Amirul Mukminin, terkadang orang yang bagus bacaannya sekalipun bisa tergelincir."


Ia berujar, "Ya memang begitu."


🌱  Adz-Dzahabi رحمه الله mengatakan,

"Barangsiapa yang pikirannya mampu memahami ucapan ini, ia mengerti bahwa seorang alim, bagaimanapun tingginya derajatnya dan bagaimanapun ilmunya melebihi yang lainnya, ia tetap tidak selamat dari kesalahan dan ketergelinciran.

 Sehingga janganlah engkau mencela ilmunya, jangan menurunkan derajatnya, jangan pula mengurangi kedudukannya. Barangsiapa yang membawa kesalahan orang yang memiliki ilmu dan keutamaan dengan cara yang demikian (seperti Harun ar-Rasyid) tadi, metodenya ini dipuji, disyukuri dan ia telah diberi taufik kepada sikap yang benar."



[Siyar A'lamin Nubala' 1/376]

التأدب !!

قال الكسائي- رحمه الله :
صليت بهارون الرشيد ، فأعجبتني قراءتي ، فغلطت في آية ما أخطأ فيها صبي قط !!
أردت أن أقول :
"لعلهم يرجعون"
فقلت : "لعلهم يرجعين"
قال : فوالله ما اجترأ هارون أن يقول لي : أخطأت ،
ولكنه لما سلمت
قال لي :
يا كسائي ! أي لغة هذه ؟
قلت : يا أمير المؤمنين !
قد يعثر الجواد ،
فقال : أما هذا فنعم !!!

قال الذهبي - رحمه الله -:
( من وعى عقله هذا الكلام علم أن العالم مهما علا كعبه ، وبرَّز في العلم ، إلا أنه لا يسلم من أخطاء و زلات ، لا تقدح في علمه و لا تحط من قدره ، و لا تنقص منزلته .
ومن حمل أخطاء أهل العلم و الفضل على هذا السبيل حمدت طريقته ،
وشكر مسلكه ووفق للصواب) .

سير أعلام النبلاء (٣٧٦/١).

قناة بذرة خير
🍂🌐☀〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰☀🌐🍂
https://telegram.me/majalahqonitah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar