Senin, 06 April 2015

HAKIKAT DUNIA

»»»¦※¦※¦※¦«««
🔰 Renungan Pagi 🔰
------------------------------------------------
🔘 HAKIKAT DUNIA.
------------------------------------------------
🎓 Imam Ibnul Qoyyim رحمه اللّٰه تعالى :

🌐 Dunia hakikatnya tidaklah tercela, akan tetapi celaan tersebut mengarah kepada perbuatan setiap hamba di dalamnya,

🔖 DUNIA LAKSANA JEMBATAN PENYEBRANGAN ATAU SEBUAH PERSIMPANGAN JALAN MENUJU SURGA ATAU MENUJU NERAKA.

☝ Akan tetapi tatkala berbagai syahawat dan kepentingan serta kelalaian, dan berpaling dari Alloh dan negeri akhirat, maka jadilah ini yang seringkali disematkan kepada penduduk dunia dan apa yang ada di dalamnya, dan itulah yang sering dilekatkan pada namanya, jadilah baginya sebuah nama celaan secara mutlak.

📌 Dan jika tidak maka sejatinya dunia adalah sebuah kontruksi akhirat dan ladangnya,

🚩 DAN DARINYA LAH BEKAL AKHIRAT (BERSUMBER), DAN PADANYA LAH SETIAP JIWA MENGUSAHAKAN KEIMANAN, DAN MENGENAL ALLOH DAN MENCINTAI-NYA SERTA MENGINGAT-NYA DENGAN MENGHARAP AKAN KERIDHOAN-NYA.

✒ Dan sebaik-baik kehidupan yang diraih oleh penduduk surga di surga, hanyalah disebabkan apa telah mereka tanam di dunia. Dan cukuplah hal itu sebagai pujian dan keutamaan dunia.

✔ Bagi para wali Alloh di dunia ada penyejuk pandangan mereka, kebahagiaan hati, ketenteraman jiwa, kelezatan ruh, dan kenikmatan yang tidak lah serupa dengan kenikmatan manapun: dengan mengingat-Nya, mengenal-Nya, mencintai-Nya dan beribadah kepada-Nya, serta bertawakal kepada-Nya dan kembali kepada-Nya, serta merasakan kasih sayang-Nya..

☑ Di dunia terdapat kalam-Nya, wahyu-Nya dan petunjuk-Nya, dan ruh-Nya yang Dia lemparkan dari perintah-Nya.

📝 Berkata Ali bin Abi Tholib رضي اللّٰه عنه:

الدنيا، دار صدق لمن صدقها، ودار عافية لمن فهم عنها، ومطلب نجح لمن سالم.

"Dunia, adalah negeri kejujuran bagi siapa saja yang jujur kepadanya, dan negeri keselamatan bagi siapa saja yang mau memahami tentangnya, dan tempat menuntut kesuksesan bagi siapa saja yang selamat."

☑ Di dunia terdapat masjid-masjid para Nabi Alloh, dan tempat turunnya wahyu, dan tempat sholatnya para malaikat-Nya, dan tempat perniagaan para wali-Nya. Di dalamnya lah mereka berupaya mendapatkan rahmat, padanya mereka mendapatkan keuntungan keselamatan.

⚠ MAKA BARANGSIAPA YANG MENCELANYA BERARTI DIA TELAH MENGUMUMKAN PEPERANGAN KEPADA ANAK KETURUNANNYA, DAN MENSIFATI BURUK KEPADANYA DAN PENGHUNINYA?!

👉 Sebagian kaum mencelanya maka dia menyesal lebih awal.

👉 Sedangkan lainnya menyanjungnya: aku ingatkan mereka maka mereka pun mengingatnya, dan aku nasehatkan mereka dan mereka pun menerima nasehat.
               ●○●○●○●○●

📔 Sumber tulisan: 'Uddatus Shobirin, cetakan Dar Al-Kitab Al-'Arobi halaman. 213, 214.

__✏ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh غفر اللّٰه له ولوالديه.
------------------------------------------------
🌏 WA Ahlus Sunnah Karawang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar